Hutan Mangrove di Utara Jakarta, Wisata Tanggal Tua

Selama ini kita mengenal Jakarta sebagai kota yang padat penduduk, sibuk dan macet, tapi ternyata Jakarta punya sisi lain indah yang belum banyak dikenal orang-orang. Selain punya Pulau Seribu, Jakarta punya Hutan Mangrove juga lho tepatnya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Disini kita bisa memanjakan mata dengan pemandangan pepohonan mangrove yang rindang untuk menghilangkan sedikit dari kepenatan kegiatan sehari-hari, selain itu disini banyak spot foto bagus bagi yang suka kegiatan fotografi. Untuk berkunjung kesini tak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang, karna berdasarkan survey lokasi, hanya menghabiskan uang sekitar 100 ribu (perjalanan dari Depok) untuk ongkos transportasi, tiket masuk, dan makanan ringan.

Hutan Mangrove ini cukup luas untuk dieksplorasi, banyak tempat dan spot foto yang bisa kita jelajahi, sedikit saran bagi yang baru pertama kali kesini dan diwaktu siang ada baiknya menaiki tiang pandang agar bisa menentukan prioritas lokasi terbaik dan jangan lupa memfoto pemandangan dari  sini. Setelah bosan berkeliling melihat-lihat lokasi sambil berjalan kamu bisa melanjutkan eksplorasi dengan cara menaiki perahu atau sampan, tarif sewa perahu adalah Rp. 250.000/6 Orang atau Rp. 350.000/8 Orang, sedangkan tarif sewa sampan adalah Rp. 100.000/45 menit.

Rute Ke Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Transportasi umum menuju PIK dari Depok, pertama naik KRL Commuterline turun di Stasiun Juanda dengan ongkos Rp. 13.000 (10.000 nya bisa diuangkan kembali).
Kemudian berjalan menuju Halte Busway Monas, dilanjut menaiki Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) menuju PIK dengan tarif Rp. 6.000/orang, kalau naiknya dari halte Transjakarta, kita harus terlebih dahulu  membayar tiket Transjakarta sebesar Rp. 3.500 dan di dalam bis BKTP akan dimintai ongkos tambahan Rp. 2.500. Di Halte Harmoni, tempat antrian menunggu BKTB ada di pintu paling ujung, setelah pintu tujuan ke Kalideres, kalau masih bingung gunakan jurus bertanya :D.
Turun didepan Sekolah Budha Tzu Chi.

Biaya Tiket Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Tiket masuk untuk pengunjung lokal hanya Rp. 25.000/orang, sedangkan untuk turis manca negara Rp. 250.000. Setelah masuk nanti akan ada petugas pengecekan tiket yang menanyakan apakah kita membawa kamera digital/DSLR ? kalau bawa kita diwajibkan membayar biaya tambahan atau kamera akan disita untuk sementara waktu, biaya tambahan untuk satu kamera saya kurang tahu pasti tapi sepertinya cukup mahal, diatas Rp. 300.000.
Disini kantin hanya ada satu yang berada tidak jauh dari tempat pengecekan tiket, kantin ini tidak menyediakan makanan berat (nasi), hanya menjual snack, gorengan, pop mie dan minuman dingin. Oia hampir aja lupa, untuk pulangnya dari Hutan Mangrove kita berjalan menuju Sekolah Budha Tzu Chi, kemudia berjalan kearah kiri dan menyebrang, disana ada plang pemberhentian bus BKTB (hanya plang tanpa halte) kalau bingung, gunakan jurus bertanya lagi hehehehehe ..

Lokasi & Kantor :
Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Telp. 021-2903 3066 / 0815 8030 933 / 0819 3225 4370
Fax. 021-2903 3077


Happy traveling .. jangan lupa buang sampah ditempatnya ya .. jangan rusak keindahan alam hanya karena kemalasan mu.

Baca Juga :

Seribu Petualangan Di Pulau Seribu
Pulau Komodo, Eksotisme Dari TImur
Goa Tabuhan, Pacitan Jawa Timur
Liburan Jogja Seru Di Goa Pindul