Liburan Jogja Seru Di Goa Pindul

http://bolangkecil.blogspot.com/Bolang Kecil - Ada satu lagi destinasi wisata seru di Ranah Jogja yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata kesini, yaitu Goa Pindul. Goa Pindul memberikan nuasa berbeda dari destinasi wisata lainnya. Tak usah khawatir dengan susana menyeramkan yang khas dari goa pada umumnya, sebab Goa Gong sudah dikelola dan di ‘rias’ sebagus mungkin untuk dijadikan tujuan wisata.
Apa si yang membuat goa ini istimewa dan patut untuk kamu kunjungi ? sajian utama dari Goa Gong adalah stalagtit dan stalagmit yang memukau yang proses pembentukannya sudah berlangsung selama ratusan tahun, bahkan disini ada stalagtit raksasa yang unik sekaligus menarik untuk dijadikan obyek fotografi, kenapa hal ini unik? Sebab stalagtit raksasa adalah fenomena langka yang belum tentu bisa kamu temukan di goa – goa lainnya.
Selain kegiatan melihat-lihat keindahan stalagtit dan stalagmit, kamu juga bisa mencoba salah satu wahana seru yang tersedia disini, yaitu Cave Tubbing. Cave Tubbing adalah kegiatan menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban mobil bekas, tak usah khawatir tidak bisa berenang, sebab sebelum menyusuri sungai kamu akan diberikan jaket pelampung serta sepatu karet guna menjamin keselamatan, lagipula sungai yang akan ditelusuri tidak terlalu dalam dan berair tenang.
http://bolangkecil.blogspot.com/
Cave Tubbing Goa Pindul
Setelah berbasah – basahan dengan ber-Cave Tubbing ria kamu bisa melanjutkan basah-basahan di Sungai Oyo dengan cara yang sama namun berbeda konsep, kali ini sebutannya adalah River Tubbing. Setelah tadi menyusuri sungai didalam goa sekarang saatnya kamu menyusuri sungai berair hijau jernih yang pastinya akan menghipnotis kamu untuk betah berada disini. Lokasi Sungai Oyo terletak tidak jauh dari Goa Pindul hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan. Sebagai pengingat sekaligus tips untuk mengunjungi kedua lokasi ini pada hari yang cerah, bukan musim hujan ataupun musim kemarau agar kegiatan megunjugi kedua lokasi ini menjadi lebih berkesan, sebab kalau kamu mengunjungi lokasi ini dimusim hujan air sungainya keruh dan kalau kamu mengunjungi sungai ini dimusim kemarau air sungainya surut, kasian nanti guidenya harus narik-narik kalian hahahahahaha ...
Nah sekarang kita mulai ngebahas soal sejarah ni, sejarah dari Goa Pindul itu sendiri. Goa Pindul dulunya digunakan sebagai lokasi berlindung pada masa penjajahan jepang, tapi seiring dengan berjalannya waktu Goa Pindul dibiarkan begitu saja sampai pada tahun 2010 ada sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan tugas KKL disini, mereka berpendapat bahwa goa ini sebenarnya memiliki potensi wisata jika dikelola dengan baik, setelah dilakukan sosialisasi para mahasiswa dan warga bersatu untuk membersihkan ilalang dan sekitar lokasi goa. Goa Pindul diresmikan sebagai lokasi wisata oleh Bupati Gunung Kidul.
Setelah diresmikan mulailah bombardir promosi/iklan tentang goa ini di dunia maya dan tak butuh waktu lama, Goa Pindul langsung diserbu oleh wisatawan dari sekitar Jogja maupun luar kota.
Lanjut ke lokasi Goa Pindul
Goa Pindul terletak di Desa Gelaran 1, Desa Beji Harjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk kendaraan umum kemungkinan akan memakan waktu lebih banyak dengan pilihat trasnportasi bis umum tujuan Wonosari Gunung Kidul kemudian dilanjut naik angkot/mikrolet tujuan Bejiharjo atau bisa juga dengan menyewa kendaraan entah itu mobil atau motor, kalau saya sendiri si lebih suka motor, selain bisa lebih cepat, irit dan juga murah :D biaya sewa hanya  50.000/hari dengan syarat KTP asli. Medan perjalan menuju Goa Pindul terbilang datar, tidak ada tanjakan menantang ataupun turunan curam.
Oke deh sekian dulu artikel kali ini, kalu ada yang kurang silahkan ditambahkan dikolom komentar.
Jangan lupa, buang sampah ditempat yang sudah disediakan ;-)