Danau Tasikardi, Keindahan Yang Bersejarah

Mungkin belum banyak orang tahu tentang Danau Tasikardi, sebuah danau di kawasan wisata edukasi bersejarah Banten Lama. Banten Lama adalah sebuah situs sejarah peninggalan dari masa kejayaan Kesultanan Banten dahulu kala. Lokasi danau Tasikardi tidak jauh dari Masjid Agung Banten yang terkenal itu. Walaupun Danau Tasikardi bisa dibilang masih kalah pamor dengan tempat wisata lain di banten seperti Pantai Sawarna, Carita, Tanjung Lesung dan sebagainya, bukan berarti Danau Tasikardi kalah indah.

Selain dapat dijadikan tempat wisata alam, danau ini juga mengandung nilai sejarah yang sarat edukasi, sebab Pada zaman pemerintahan Kesultanan Banten, Danau Tasikardi konon merupakan salah satu tempat favorit bagi raja dan keluarganya.

Bolang Kecil - Danau Tasikardi berasal dari dua kosa kata bahasa sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang bermakna Danau Buatan, seperti namanya danau ini merupakan danau buatan yang dahulu digunakan untuk mengairi sawah serta pemukiman warga dan sekarang sudah beralih fungsi sebagai lokasi wisata. Danau indah nan bersejarah ini terletak di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwat, Kabupaten Serang, Banten. Pembuatan danau ini berlangsung pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang merupakan sultan kedua dari Kesultanan Banten.

Jika kamu termasuk dari pemburu ketenangan obyek wisata ini sepertinya cukup tepat untuk dijadikan pelabuhan. Air yang tenang, bergerak mengikuti hembusan angin dengan deretan pepohonan rindang yang tumbuh mengitari danau ditambah dengan adanya persawahan yang terdapat di sekitar danau Tasikardi menjadikan suasana semakin sejuk dan asyik untuk sekedar bersantai maupun piknik bersama keluarga, terlebih bila masa panen tiba. Setelah bosan bermain di sekitar danau kamu bisa menyewa perahu untuk menuju pulau kecil ditengah danau yang dahulu merupakan tempat rekreasi  bagi keluarga kesultanan.

Untuk mencapai Danau Tasikardi kamu bisa menggunakan angkutan umum menuju Kramatwatu dari Kota Serang. Atau jika menggunakan kendaraan pribadi perjalanan dilakukan menuju arah Cilegon dari Kota Serang. Biaya masuknya dijamin tidak akan menguras kantong, hanya sekitar IDR 3.000,-/orang.

Sekian artikel kali ini tentang Danau Tasikardi, jangan lupa share ya, terlebih untuk kamu yang berdarah Banten, tunjukkan apresiasi mu terhadap wisata daerah asal. Happy traveling dan ingat, buang sampah pada tempatnya.