Pulau Komodo, Eksotisme Dari Timur

Pulau Komodo


pulau komodoBolang Kecil - Kamu suka pantai? Dari Sabang sampai Marauke, Indonesia memiliki deretan pantai indah dan mempesona yang tak akan habis kamu jelajahi. Indonesia bagaikan hamparan permadani dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya.

Tak hanya kekayaan alamnya yang melimpah, kebudayaan di Indonesia pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna. Sepertinya sudah cukup basa-basinya. Langsung saja berikut deskripsi singkat tentang Pantai Pink Pulau Komodo yang keindahannya luar biasa banget, tapi sebelum itu ada beberapa hal yang harus kita ketahui, seperti apa itu Pulau Komodo, dimana letaknya dan hal lainnya yang berhubungan.

Apa Itu Pulau Komodo ?

Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat binatang komodo yang wajib dilindungi, Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.. Salah satu penghargaan tertinggi yang berhasil diraih adalah berhasil masuk dalam jajaran tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenal dengan New Seven Wonders of Nature pada tahun 2011.

Dimana Letak Pulau Komodo ?


peta pulau komodoPulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Sejarah Pulau Komodo


Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.
Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com.Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain[1]. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak

Potensi Wisata Pulau Komodo


keindahan bawh laut pulau komodoTempat wisata ini menawarkan keindahan daratan dan alam bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam sampai snorkerling. Pemandangan langka yang bisa kamu dapatkan disini adalah “Perpaduan antara savana dan Indahnya Pantai” ditambah lagi banyak perbukitan di sekeliling pantai Pulau Komodo yang memungkinkan kamu untuk melihat keindahan Pulau Komodo dari atas ketinggian.

Untuk trekking, kamu bisa menjelajah pulau bersama rombongan dan seorang ranger atau pemandu. Dalam perjalanan, kamu bisa menemukan komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Kamu akan dibekali oleh ranger sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini dipercaya dapat melemahkan komodo saat binatang ia mulai menyerang. Dengan menekan leher komodo menggunakan ujung tongkat yang bercabang, binatang ini seketika akan jinak. Penting kamu ketahui agar tidak membuat gerakan yang memdadak atau tiba-tiba sebab binatang ini sangat peka terhadap gerakan yang tiba-tiba.

Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo tak kalah seru. Tempat wisata ini juga dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya,  dengan terumbu karang yang beraneka warna dan ikan yang beraneka ragam menjadikan Pulau Komodo sebagai salah satu lokasi menyelam favorit.

Yang menarik lagi adalah adanya Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini adalah salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna kemerahan. Warna ini diduga berasal dari serpihan koral yang hancur dan bercampur bersama pasir pantai. Saat terkena ombak, warna merah semakin terlihat jelas karena basah.

Luar biasa bukan, dengan berkunjung kesini kamu akan mendapatkan sebuah pengalaman jalan-jalan yang pastinya sulit untuk dilupakan, menikmati keindahan alam sekaligus bertemu dengan hewan yang sangat langka di pulau ini, Komodo.