Bun Upas, Salju Dimusim Kemarau

bun upas di diengBolang Kecil - "Sudah empat hari bun upas turun di kompleks candi," kata Sekretaris Kelompok Tani Kentang Perkasa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Kabul Suwoto.

Bun Upas –sejenis Frost/salju- merupakan sebuah fenomena unik dan jarang ditemui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Negara – Negara tropis khususnya Indonesia. Tapi berbeda jika anda berkunjung ke Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Disini anda akan menemukan sebuah fenomena unik dan berbeda yaitu ‘Bun Upas’. Yang membuat fenomena Bun upas ini unik adalah ‘waktu kehadirannya’, sewajarnya salju/Frost akan turun dimusim salju atau musim dingin, namun berbeda dengan Bun upas yang ‘akrab’ mengunjungi kawasan Dieng Plateau pada saat menjelang puncak musim kemarau, tanda – tanda dari kehadirannya adalah suhu udara pada siang hari berkisar antara 22 – 24 derajat Celsius dan bisa mencapai -5 derajat celcius pada malam hari.

bun pas di kompleks candi dieng
Lokasi Yang Diselimuti Bun Upas
Fenomena langka ini biasa terjadi antara bulan Agustus sampai bulan September dan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama bagi mereka yang memiliki antusiasme tinggi terhadap hal-hal yang berbeda dan unik, serta bagi wisatawan lokal yang belum pernah melihat salju –seperti saya hihihi-. Hamparan putih salju membentang di sepanjang lahan pertanian dan padang ilalang, menutupi pucuk – pucuk dedaunan dan permukaan tanah, suatu moment yang langka dan sangat pas untuk melakukan berbagai kegiatan fotografi baik itu hanya untuk mengabadikan moment sampai membuat foto prewedding. Jadi tidak ada salahnya anda berkunjung kesini dan menikmati pesona Dieng pada puncak musim kemarau yang  mengagumkan.


bun upas di dieng jawa tengah
Penampakan Bun Upas
Beberapa kawasan Dieng yang diselimuti Bun upas yakni kawasan Candi Arjuna, lapangan Dieng dan sekitar terminal Telaga Warna. Hasil foto akan telihat lebih eksotik jika anda lakukan dari bukit sikendeng (menghadap telaga warna) saat matahari terbit/sunrise dan tentu saja pada moment Bun upas muncul atau dapat juga anda lakukan di Komplek Candi Arjuna.






Baca Juga :
Danau Toba, Danau Eksotik Di Ketinggian
Semburat Surga Dari Bukit Sikunir
Ranu Kumbolo, Hamparan Khayangan Di Gunung Semeru