Raja Ampat, Rajanya Keindahan Lautan

Raja Ampat


keindahan raja ampatBolang Kecil - Siapa sih yang belum pernah dengar tentang Raja Ampat ? sebuah gugusan pulau di Papua bagian Barat yang terkenal dengan keindahan lagoon dan panorama bawah lautnya ini sedang menjadi primadona didunia pariwisata Indonesia. Kepulauan Raja Ampat merupakan surga keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini.

Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Perairan di tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan The Nature Conservancy menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat. Untuk membuktikannya, mari kita siapkan peralatan menyelam dan mulai menjelajahi alam bawah lautnya.  Selain menyelam, kita juga bisa menjelajah keindahan daratan pulau-pulau di Raja Ampat ini. Warga setempat akan dengan senang hati menawarkan jasa sebagai pemandu. Selama trekking, kita juga bisa mampir ke rumah-rumah warga dan berinteraksi secara langsung atau membeli kerajinan tangan seperti patung suku Asmat dan alat musik tradisional hasil karya mereka sebagai suvenir.

Raja Ampat terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia, memiliki sekitar 600 pulau, namun hanya 35 pulau yang dihuni, sebagain besar adalah pulau kosong bahkan belum memiliki nama. Dari 600 pulau yang berada di Raja Ampat, ada empat pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.  Nah keempat pulau ini lah yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini.

Pulau Waigeo


keindahan raja ampat, papua, indonesia
Pulau Waigeo
Dari empat pulau utama yang berada di Raja Ampat, Pulau Waigeo adalah yang paling besar. Selain  dikenal dengan Waigeo, pulau ini juga akrab disebut dengan nama Amberi atau Waigiu. Pulau ini berada antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 km barat laut Pulau Papua. Pulau besar sekitarnya adalah Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Misool. Luas pulau ini 3155 km², dengan titik tertinggi 1000 m. Jarak antara barat ke timur sekitar 110 km, serta utara ke selatan sekitar 50 km.

Disini kita bisa menikmati Keindahan pantai dengan pasir putihnya, selain itu air laut yang jernih memungkinkan kita melihat langsung kehidupan bawah laut tanpa perlu melakukan snorkling maupun diving. Dan seperti yang disebutkan diatas bahwa Kepulauan Raja Ampat merupakan surga keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini, maka Pulau Waigeo sebagai bagian dari Kepulauan Raja Ampat juga memiliki keanekaragaman hayati dan terumbu karang yang terindah. tidak hanya kekayaan dan keindahan alam, disini juga sobat bisa menikmati keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari masyarakat lokalnya. Lalu Peninggalan sejarah berupa goa – goa bekas perang dunia II juga bisa sobat temukan disini.

Pulau Misool


keindahan pulau misool, raja ampat, papua, indonesia
Pulau Misool
Dengan berbagai jenis taman laut yang memegang 75% dari semua spesies karang dan ikan hias di dunia, menjadian Pulau Misool sebagai tujuan menyelam yang paling terkenal di provinsi Papua Barat. Selain itu kejernihan air laut yang memungkinkan kita memandang langsung ke permukaan yang berwarna-warni ketika masih diatas perahu dengan jarak pandang ke dalam air bisa mencapai 10 – 30 meter.
Bagi yang hobi menyelam, di pulau Misool terdapat tempat-tempat penyelaman dengan menawarkan keidahan surga bawah laut yang spektakuler. Berbagai jenis terumbu karang, berbagai jenis ikan, penyu, pari, hiu, dan hewan laut lainnya menghuni bawah laut Pulau Misool. Oleh karena itu, menyelam, bejemur, berenang, atau sekedar bersantai-santai di tepi pantai akan menjadi pengalaman wisata yang ekslusif dan tidak akan terlupakan.

Pulau Salawati


keindahan raja ampat, papua indonesia
Pulau Salawati
Luas Pulau Salawati sekitar 1,623 km persegi. Hampir tiga per empat dari pulau Salawati adalah hutan sagu yang lebat. Pohon-pohon sagu disini tumbuh liar tanpa ada yang menanam. Keindahan pulau Salawati memang terkait dengan keragaman tumbuh-tumbuhannya. Kondisinya yang masih sangat sunyi, tenang dan nyaris perawan membuat banyak wisatawan memburu tempat ini. Bukan itu saja, Salawati juga menjadi tujuan peneliti dari berbagai negara untuk mempelajari kekayaan alamnya. Selain dapat menikmati keindahan bawah laut, disini kita juga dapat menyaksikan eksotisme tarian wor, bunker-bunker peninggalan Perang Dunia II buatan Belanda dan Jepang, dan lokasi wisata lainnya seperti air terjun.

Pulau Batanta


keindahan raja ampat papua indonesia
Pulau Batanta
Pulau Batanta terletak di Distrik Samate, Raja Ampat. memiliki luas sekitar 453 kilometer persegi. Lingkungan pulau ini masih sangat asri dan alami. Di pulau ini, anda dapat menemukan populasi burung cenderawasih yang merupakan ikon Papua. Pasir pantai yang halus membuat anda betah berlama-lama berada di pantai. Di Pulau ini ada satu lokasi wisata sangat direkomendasikan untuk didatangi ketika berkunjung, yaitu air terjun batanta yang lokasinya cukup jauh dari desa terdekat. Untuk menuju lokasi kita harus melakukan trekking ke pedalaman hutan kurang lebih sepanjang 1 kilometer. Janga khawatir kelelahan .. sebab keindahan alam disini akan membisus kita semua agar melupakan rasa lelah.

Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk untuk setiap pulau di Raja Ampat pertanggal 23 Februaru 2015 adalah :
IDR 500.000,- untuk turis domestik dan
IDR 1.000.000,- untuk turis mancanegara

Penginapan


Di semua pulau yang kita bahas diatas sudah tersedia tempat penginapan, mulai dari kelas standar sampai kelas lux.

Transportasi


Untuk mencapai pulau-pulau di Raja Ampat, kita harus pergi ke kota Sorong terlebih dahulu, bagi yang berasal dari luar Papua maka harus menjadwalkan penerbangan menuju Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Setelah tiba di bandara sorong, perjalanan dilanjut dengan naik taksi menuju Dermaga Sorong.
Setelah sampai di dermaga Sorong, kita bisa menaiki kapal feri yang biasa digunakan sebagai transportasi umum untuk menyebrang dengan jadwal penyeberangan yang sudah ditentukan. Jika ingin jadwal keberangkatan yang fleksibel dengan waktu tempuh yang lebih cepat, maka bisa menyewa speed boat ataupun long boat dengan biaya sewa yang cukup tinggi tentunya. Satu speed boat atau long boat bisa memuat 10 sampai 15 orang.
Berwisata ke Raja Ampat memang memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Tapi pengorbanan itu akan terbayar ketika sampai kesana dan melihat keindahan alam yang luar biasa.

Tips


Bulan Oktober dan November disebut sebagai waktu yang terbaik untuk menyelam di sini karena cuaca dan kondisi perairan sangat ideal.