Seribu Petualangan Di Pulau Seribu

Pulau Seribu

pulau seribu jakartaBolang Kecil - Kepulauan Seribu sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebuah gugusan kepulauan yang terletak di teluk Jakarta, walaupun memiliki sebutan Kepulauan Seribu sebenarnya gugusan pulai ini hanya memiliki 324 pulau dan tidak semuanya dihuni oleh manusia. kecantikan, keindahan dan eksotisme kepulauan seribu jakarta akan membuat kita seolah tidak percaya, bahwa tempat ini berada sangat dekat dan bagian dari Kota Jakarta. 

Pulau Seribu sendiri merupakan tempat ideal untuk melepas kepenatan akan hiruk pikuknya kota metropolitan, dengan kejernihan air lautnya disertai pemandangan alam bawah laut yang indah sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan berenang, snorkling, diving didasar laut serta beberapa aktivitas laut lainnya yang sangat menantang adrenalin bagi anda penyuka olahraga air.
Diantara pulau-pulau di Kepulauan Seribu, ada beberapa pulau yang paling sering dikunjugi oleh wisatawan, yaitu :

Pulau Bidadari

keindahan pulau seribu jarkarta
Pulau Bidadari
Berjarak hanya sekitar 15 km dari Jakarta, dapat ditempuh 30 menit menggunakan speedboat dari Pelabuhan Marina Ancol. Pulau Bidadari memiliki cottage darat dan terapung yang sangat disukai wisatawan, dimana Anda akan disajikan indahnya pepohonan dan deburan ombak tepi pantai yang menenangkan bagi siapa yang berada di pulau ini. Pemandangan sekitar pulau bidadari juga tidak kalah menariknya, dimana lingkungan sekitar akan memberikan kita nuansa nyaman, asri, dan menyatu dengan alam.


Berbagai fasilitas sudah tersedia dengan baik, mulai dari penyewaan sepeda untuk berkeliling pulau, sampai tempat penginapan. Di Pulau Bidadari juga terdapat Benteng Martello peninggalan Belanda dari abad ke 17 yang menjadi salah satu tempat yang harus kita kunjungi ketika berkunjung ke Pulau Bidadari. Namun sayangnya kita harus bisa menahan hasrat menyelam ketika berkunjung ke Pulau Bidadari, sebab lokasi Pulau Bidadari yang tergolong dekat dengan Jakarta menjadikan tempat ini kurang bagus untuk menyelam. Tapi jangan putus asa, kita masih bisa menyelam kok, dengan cara berkunjung ke pulau-pulau sekitar yang memiliki keindahan bawah laut, untuk berkeliling dari pulau ke pulau kita bisa menyewa perahu kayu dari penduduk.

Pulau Pelangi

keindahan pulau pelangi, kepulauan seribu jakarta
Pulau Pelangi
Pulau Pelangi berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Jakarta atau sekitar 90 menit jika kita berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol dengan menggunakan speedboat. Sesuai namanya ketika menginjakkan kaki di pulau ini, maka kita akan disajikan dengan warna-warni pelangi keindahan alam yang terbentang. Mulai dari pepohonan yang rindang dan lebat, cottage-cottage, hingga air laut yang menyebarkan warna kehijauan. Jenis pohon yang sering ditemui di pulau ini adalah pohon pinus dan palem. 

Ingin berwisata kuliner ? di Pulau Pelangi ini juga terdapat rumah makan yang unik. Karena sengaja di buat menjorok ke laut agar para wisatawan dapat menikmati santapan khas Pulau Pelangi sambil menikmati pemandangan laut yang bersih dan indah. Untuk penginapan di Pulau Pelangi ini tersedia cottage atau bungalow dengan tipe Bougenville, Jasmine dan Tulip. Namun ada juga tipe cottage tipe Edelwise yang digunakan untuk peserta dengan jumlah kelompok yang banyak.

Pulau Pari

keindahan pulau pari, kepulauan seribu jakarta
Pulau Pari
Salah satu pulau indah di kepulauan seribu adalah Pulau Pari. Pesona keindahan Pulau Pari yang memiliki pantai berpasir putih dengan air yang bening sangat cocok sekali buat Anda yang suka snorkling atau berenang di pantai.
Disekeliling Pulau Pari terdapat 5 pulau, yaitu: Pulau Burung Indah, Pulau Gudus, Pulau Kongsi, Pulau Tikus, dan Pulau Tengah. Pulau-pulau tersebut membuat sebuah gugusan lagoon dengan keindahan panorama yang mengagumkan. Keindahannya dapat dinikmati hanya dengan berjalan kaki di pantainya yang bersih dan putih atau dengan snorkling
Untuk Penginapan, kita bisa menyewanya kepada penduduk, sebab sebetulnya Pulau Pari hanyalan pulau khusus untuk penduduk, bukan untuk wisata.

Pulau Harapan

keindahan pulai harapan, kepulauan seribu, jakarta
Pulau Harapan
Pulau Harapan berdekatan dengan Pulau Pramuka, fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, kecuali sepeda untuk berkeliling pulau, sebab luas pulau pari ini tergolong kecil sehingga dapat kita explore hanya dengan jalan kaki. Walaupun tergolong kecil Pulau Harapan disebut-sebut sabagai salah satu pulau dengan panorama permukaan darat dan laut terindah diantara Gugusan Kepulauan Seribu.




Rute :
Dari Pelabuhan Marina Ancol menggunakan Kapal Cepat (Speedboat) jam berangkan pukul 07:00, atau bisa dengan menyewa satu Speedboat dengan biaya yang tidak murah.
Dari Pelabuhan Muara Angke Baru/Lama, menggunakan Kapal Motor, jam berangkat pukul 07:00, dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu kisaran IDR 35.000,- sampai IDR 80.000,- tergantung tujuan pulau yang ingin kita tuju.

Tips :
Jika ingin melakukan ODT (One Day Trip) begitu sampai di pulau tujuan segeralah membeli tiket untuk pulang, sebab biasanya 2 jam sebelum jam keberangkatan kapal, tiket sudah habis.
Atau jika kita berkunjung kesana tanpa menggunakan jasa travel (backpacker) disarankan untuk membeli tiket pada pagi hari di hari kepulangan, untuk menghindari kehabisan tiket, terutama di hari libur.