Surga Bawah Laut Ala Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki

Bolang Kecil - Sudah pernah dengar Pulau Sangalaki ? Channel Entrance, Coral Gardens, Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta  Avenue, Ridge, Light house, atau The Rockies ? Jika belum pernah sepertinya lain waktu kita harus kesini, ke Pulau Sangalaki.

Mengapa demikian, sebab Pulau Sangalaki sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Pulau ‘imut’ nan eksotik ini  terletak di gugusan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kalimantan, Indonesia. Sangalaki memiliki air laut yang jernih serta hamparan pasir putih yang membentang disepanjang garis tepian pulau, bagaikan lingkaran cincin perak yang mengitari Pulau  ini.

Disini pandangan kita akan dimanjangan oleh keindahan yang seakan tiada habisnya, sejauh mata memandang kita dapat melihat terumbu karang besar dan sehat yang hidup di permukaan laut dangkal dengan  air laut yang begitu jernih. Kejernihan air laut dan pasir putih ini ternyata memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan, bukan hanya itu saja daya pikat dari pulau ini, jika kita beruntung, kita dapat melihat segerombolan Tukik –anakan penyu- yang baru menetas berjalan menuju bibir pantai untuk memulai kehidupan baru.

Tapi ingat, jangan sekalipun menyelam di Kepulauan Sangalaki !!

keindahan bawah laut pulau sangalaki
Keindahan Bawah Laut Pulau Sangalaki
Sebab tidak akan ada yang akan bersedia ‘bertanggung jawab’ ketika kita memaksakan diri untuk menyelam disini sekalipun itu Pemerintah Indonesia !!
 tapi bertanggung jawab perihal apa ? Perihal anda tidak mau berhenti menyelam :p
Sebab Keindahan Flora dan Fauna bawah laut Pulau Sangalaki akan membius dan menggoda para penyelam dengan segala keindahan dan keaneka ragamannya agar tetap tinggal dan enggan hengkang dari pulau ini. Ada banyak sekali titik penyelaman yang terkenal disini, seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta  Avenue, Ridge, Light house, The Rockies dan lain-lain yang siap untuk diselami. Saat menyelam di Pulau Sangalaki, selain bisa bertemu dengan bayi-bayi penyu, kita juga bisa bertemu dengan berbagai Fauna bawah laut lainnya, seperti bertemu dengan pari manta yang kerap sekali muncul disekitar pulau secara bergerombol sampai 20 ekor, ikan barracuda, dan cumi-cumi raksasa. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjumpai beraneka ragam terumbu karang dari yang keras atau hard corals hingga yang lembut atau soft corals. Mereka semua sangat cantik dan berwarna-warni. Menarik bukan? Bahkan konon katanya keindahan terumbu karang Pulau Sangalaki merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Luar biasa bukan, huuuuffft dengan membayangkan saja membuat kita semakin tidak sabar untuk berkunjung kesini, untuk sekedar menikmati keindahan alam atau memuaskan jiwa-jiwa petualang yang sudah sangat haus akan perjalanan dan pengalaman baru.






Sebagai penutup, ada baiknya kita mengetahui nama-nama titik penyelaman dan lokasinya, (cocokkan nomor dengan gambar)

1.                  Channel Entrance,
2.                  Coral Gardens,
3.                  Turtle Town,
4.                  Sandy Ridge,
5.                  Manta Run,
6.                  Sherwood Forest,
7.                  Manta Parade,
8.                  Manta Avenue,
9.                  Eel Ridge,
10.              Lighthouse dan
11.              The Rockies






Jangan lupa, jaga kebersihan ya ketika berkunjung kesini, agar anak cucu kita nanti juga bisa menikmatinya.
Jangan ambil sesuatu kecuali foto
Jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak kaki
Jangan bunuh apapun kecuali waktu
Happy Traveling :D