Goa Jatijajar, Lokasi Air Awet Muda

http://bolangkecil.blogspot.com/Kalau dengar kata Goa pasti ada deh timbul presepsi negatif banyak setannya lah, banyak hewan buasnya dan lain – lain, padahal nyatanya goa – goa dizaman moderen ini sudah dikelola untuk dijadikan sebagai tempat wisata, seperti halnya dengan gua yang satu ini, Goa Jatijajar yang terletak di Desa Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah.

Gua Jatijajar tergolong megah, panjang sekitar 250 meter, lebar ruangan rata – rata 15 meter dan tinggi rata – rata 12 meter, memiliki ketebalan permukaan 10 meter dan berada pada 50 mdpl. Ada sebuah cerita rakyat yang melekat pada Gua Jatijajar, yaitu kisah tentang Raden Kamandaka atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lutung Kasarung, konon dahulu kala dia pernah melakukan ritual tapa di gua ini.

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik dari Goa Jatijajar, ialah mitos tentang tujuh sendang (sungai/pancuran) yang terdapat dibagian perut goa, diantara ketujuh sendang tersebut ada dua yang paling terkenal yaitu Sendang Kantil dan Sendang Mawar, mitosnya jika kita menggunakan air dari Sendang Kantil untuk mandi atau sekedar cuci muka, maka semua keinginan dan cita – cita kita akan terkabul. Namun saya sendiri tidak begitu menghiraukan tentang mitos sendang ini, karna saya percaya untuk mewujudkan cita – cita harus melalui kerja keras, bukan cuci muka. Sedangkan mitos dari Sendang Mawar adalah airnya berkhasiat untuk awet muda bila digunakan untuk mandi atau cuci muka.
Selain ketujuh sendang di Goa Jatijajar juga terdapat patung deorama yang menggambarkan Raden Kamandaka sedang memadu kasih dengan Dewi Ratna Ciptoroso. Setelah  menyusuri Objek Wisata Alam Goa Jatijajar jangan lupa untuk menikmati sang primadona dari jajanan tradisional masyarakat setempat, apa lagi kalau bukan tempe mendoan yang bisa kita dapati diwarung penjual makanan, tempe mendoan akan lebih nikmat jika disantap pada saat gerimis, ditambah teh manis dan pujaan hati, luar biasa nikmatnya :D

Nah untuk kamu yang ingin berkunjung ke lokasi ini, pastikan fisik dalam kondisi prima, sebab untuk menuju lokasi goa kita harus melalui anak tangga yang cukup landai serta pastikan menggunakan alas kaki baik itu sandal maupun sepatu dengan grip yang bagus untuk menghindari terpeleset dan cidera yang disebabkan jalanan licin.

Happy traveling .. jangan lupa like dan sharenya ya, bukan untuk saya tapi untuk kemajuan pariwisata Indonesia .. serta pastikan buang sampah ditempatnya, tengkiuuuu ...