Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

bolangkecil.blogspot.com/Bolang Kecil – Masih membahas perihal goa ni kawan dan kali ini kita gak jauh-jauh dari Goa Gong, yang mau kita bahas kali ini adalah salah satu tetangga dari Goa Gong, yaitu Goa Tabuhan Pacitan. Goa Tabuhan Pacitan ini terletak di Barat Kota Pacitan tepatnya di Bukit Kapur Punung, Dukuh Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung.

Apa yang membuat Goa Tabuhan Terkenal ?


Sebelum kita membahas yang lainnya ada bagusnya juga ni kalau kita bahas ini dulu, kira – kira apa si yang membuat Goa Tabuhan itu nge-hits banget ?
Stalagtit dan Stalagmit. Ini mungkin yang bisa menjadi alasan utama kenapa Goa Tabuhan semakin nge-hits belakangan ini, berhubung goa ini berada di perbukitan kapur maka wajar kalau di goa ini bisa terbentuk stalagtit dan stalagmit super jumbo yang panjang/ketinggiannya bisa mencapai 7 meter ! dan yang lebih hebatnya lagi berkat ‘kebesaran’ dari stalagtit dan stalagmit yang berada di goa ini, Goa Tabuhan itu disebut-sebut sebagai salah satu wisata goa terbaik se-Asia Tenggara lho ... luar biasa bukan, hal ini semakin menyadarkan kita kalau dinegara kita tercinta masih banyak lokasi keindahan dan kekayaan alam yang berkelas internasional.
Yang ke dua itu mungkin dari faktor lokasi, pasalnya Pacitan ini bisa dibilang sebagai kota seribu goa, di kota ini mulai dari goa kecil yang imut-imut sampai goa-goa besar seperti Goa Gong dan Goa Tabuhan bisa dengan mudah kita temui asalkan siap badan untuk menerjang beringasnya medan hehe
Nah ini alasan ke tiga, katanya Goa Tabuhan merupakan sisa/saksi bisu dari peradaban manusia purba hal ini didasarkan pada penemuan peralatan terbuat dari batu yang umurnya sudah lebih dari 10.000 tahun. Sebenarnya saya sendiri kurang setuju soal hal ini, soalnya sebagai umat beragama saya yakin bahwa manusia itu adalah keturunan dari Nabi Adam dan Siti Hawa bukan keturunan dari monyet yang berevolusi.

Oke lanjut, Lokasi dan Rute Menuju Goa Tabuhan.


Lokasi Goa Tabuhan berada di Bukit Kapur Punung, Dukuh Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung. Sekitar 40 kilometer dari Kota Pacitan dan 8 kilometer jika ditempuh dari Goa Gong. Waktu perjalanan dari kota pacitan sampai ke lokasi sekitar 2 jam 30 menit dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, selama perjalanan menuju lokasi goa kita dituntut untuk ekstra hati-hati dan waspada, karena ada lubang ditengah jalan pada beberapa titik, ditambah kontur perbukitan yang meliuk-liuk.
Kalau kata guide ada beberapa rute yang bisa ditempuh unutk menuju ke lokasi ini, tapi dari sekian rute yang tersedia, umumnya orang-orang menggunakan rute ini dengan pertimbangan kondisi jalan dan waktu tempuh.

Rute pertama, umumnya dipakai calon pengunjung yang datang dari arah Jawa Timur, rute Ponorogo – Pacitan. Rute Ke Dua, Rute kedua masih dari arah timur, yaitu : Ponorogo – Balong – Tegalombo – Arjosari – Pacitan – Goa Tabuhan. Rute ke Tiga,  Rute ini dipakai calon pengunjung yang berasal dari arah Barat. Dengan rute Jogjakarta – Donorejo – Punung – Pacitan. Rute keempat masih dari Barat juga tapi dengan rute yang berbeda, yaitu Solo – Donorejo – Punung – Pacitan – Goa Tabuhan.


Finaly kita sudah sampai di penghujung artikel kali ini, saya sangat menyadari masih banyak kekurangan yang harus saya perbaiki, jadi jangan sungkan ya teman kalau ada masukan atau kritik bisa disampaikan di halaman contact us atau melalui komentar, terimakasih sudah berkunjung.

Baca Juga :

Situs Gunung Padang, Piramida Dari Cianjur
Tanjung Lesung, Pantai Perawan Dari Barat Pandeglang
Bun Upas, Salju Dimusim Kemarau