Situs Gunung Padang, Piramida Dari Cianjur

situs gunung padangBelakangan ini lagi booming tentang Situs Gunung Padang, di Cianjur, Jawa Barat. Situs yang konon katanya memiliki sejarah dan mitos – mitos, bahkan dibeberapa blog dan situs web yang pernah saya baca mengungkapkan sebuah tesis yang cukup kontroversial dan menggugah rasa penasaran. Tesis ini mengatakan bahwa sebenarnya Situs Gunung Padang adalah usaha pembangunan piramida di tanah jawa yang gagal, ya memang saya akui penampilan Situs Gunung Padang memang berbentuk segi tiga, mirip bangunan piramida di Mesir sana, tesis ini didasarkan kepada bentuk segi tiga dan usia bebatuan yang berada di situs ini. Sampai mitos dari penduduk setempat yang mengatakan bahwa Situs Gunung Padang adalah sias-sisa dari kegagalan Prabu Siliwangi dalam membangun istana dalam waktu semalam.

Fakta Tentang Situs Gunung Padang
batuan situs gunung padang
Batuan Situs Gunung Padang
Fakta ini saya dasarkan kepada informasi yang saya peroleh dari wikipedia, maklum tesis diatas sangat memancing rasa keingintahuan lebih tentang Piramida dari Cianjur ini. Situs Gunung Padang merupakan sebuah peninggalan dari kebudayaan Megalitikum, Situs Gunung Padang sebenarnya bukan gunung asli, alias bukit yang dibuat manusia, ketinggian Situs Gunung Padang ini mencapai 885 Mdpl, luas inti dari Situs Gunung Padang sekitar 900 m2 sedangkan untuk luas keseluruhan mencapai 3 hektare, hal ini menjadikan Situs Gunung Padang sebagai kompleks punden berundak tersebesar se-Asia Tenggara, tentunya masyarakat Cianjur harus berbangga hati terhadap hal ini karena daerah mereka memiliki sejarah besar di masa lampau.
Ada hal yang membuat saya agak sedikit kaget dan pastinya kamu juga akan merasa demikian, karena berdasarkan penelitian dari uji karbon terhadap batuan dan tanah di situs Gunung Padang oleh  Laboratorium Beta Miami, Florida, AS, mengatkan bahwa usia tanah dan batuan yang terdapat dikedalaman 5-12 meter berusia antara 14.500 sampai 25.000 tahun yang lalu, selain itu bangunan yang terdapat dibawah permukaan situs gunung padang terbukti usianya lebih tua dari piramida yang berada di Giza, mungkin hal ini yang mendasari tesis kontrofersial diatas.

Oke, sepertinya sudah cukup saya membahas tentang fakta ilmiah, sebab saya akui agak sedikit malas untuk membahas hal – hal berat semacam itu, hehe
Terlepas dari semua  tesis, mitos dan fakta tentang situs ini, Gunung Padang memiliki pemandangan yang bagus, bahkan jika cuaca cerah kita bisa melihat Gunung Gede dari atas. Untuk menuju ke situs ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 4 jam jika menggunakan kendaraan roda dua dari Depok, atau bisa menggunakan kereta dan dilanjut menggunakan kendaraan umum dengan waktu tempuh yang tidak jauh berbeda.
Rute menuju lokasi ini kalau menggunakan kendaraan pribadi, dari Cianjur kamu harus menuju kearah Jalan Warung Kondang sampai bertemu jalan kecil di sebelah kiri jalan raya yang terdapat papan bertuliskan situs megalitikum, dari sini perjalanan akan melewati pedesaan yang sudah beraspal, sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang masih asri, pohon yang rindang, perbukitan hijau sampai kebun teh.
Kalau menggunakan transportasi umum kita bisa menggunakan Kereta dari Stasiun Bogor dengan tujuan ke Sukabumi, sesampainya di Sukabumi perjalan dilanjut dengan naik bus jurusan Cianjur, turun di Pasar Warung Kondang, dari Pasar Warung Kondang kamu bisa menuju Situs Gunung Padang naik ojek dengan tarif yang cukup ‘nyekek’ kisaran Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000 per motor, kalau mau lebih hemat bisa menyewa angkot dengan ongkos yang negosiatif sekitar Rp. 100.000 tentunya pilihan transport kedua ini lebih murah apa lagi kalau kamu nge-trip bareng. Sesampainya di Situs ini kamu harus membayar tiket Rp. 4.000 harga yang sangat murah untuk taraf tempat bersejarah sekaligus membanggakan seperti ini.
Lokasi Situs Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

Fine, sudah selesai ni bahasan saya tentang Situs Gunung Padang, kalau menurut kamu informasi ini bagus jangan lupa share ya, kalau ada kekurangan silahkan ditambah dikolom komentar. Dan untuk kamu yang merasa warga Cianjur, sepertinya kamu harus deh ngeshare artikel ini tunjukkan kebanggaan mu tentang sejarah Cianjur yang membanggakan ini. Thaks ya sudah mau mampir.

Baca Juga :

Semburat Surga Dari Bukit Sikunir
Ciletuh Geopark, Taman Surgawi Dari Sukabumi
Danau Toba, Danau Eksotik di Ketinggian