Kebun Raya Bogor, Taman Indah Dan Bersejarah

Bolang Kecil - Halo kawan kali ini kita mau membahas tentang Kebun Raya Bogor ni, salah satu tempat wisata alam,  edukasi sekaligus sejarah. Tak perlu basa basi lagi, silahkan lanjut bacanya.

Sejarah Singkat Kebun Raya Bogor.


kebun raya bogor
Danau dengan Bunga Teratai
Pembangunan Kebun Raya Bogor tidak terlepas dari gagasan Prof. Caspar George Carl Reinwart (selanjutnya kita sebut Reinwart supaya lebih simple) seorang kebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda. Pada tahun 1816 Prof. Reinwart diangkat menjadi Direktur Pendidikan untuk Pulau Jawa. Pada tanggal 18 mei 1817 Prof. Reinward menggagaskan rencana mendirikan kebun botani kepada Gubernur Jendral G.A.G.P Van Der Capellen (Gubernur bogor pada masa itu)  yang kemudian disetujui. Akirnya pada tanggal 18 Mei 1817 Gubernur Jendral G.A.G.P Van Der Capellen  secara resmi mendirikan sebuah kebun raya di Kota Bogor, pada masa itu Bogor masih bernama Butenzorg yang bermakna “tak perlu khawatir”, Kebun Raya Bogor awalnya bernama “S Lands Plantetium Te Buitenzorg. Dalam pelaksanaanya Prof. Reinwart dibantu oleh James Hooper dan W. Kent seorang kurator taman Kew yang terkenal di Richmond, Inggris.

Sarana Dan Fasilitas Di Kebun Raya Bogor.


kebun raya bogor
Kerangka Ikan Paus di Museum Fauna KRB
Sarana dan fasilitas di Kebun Raya Bogor sudah dikelola dengan sangat baik, semuanya sudah tersedia, mulai dari mushola, kamar mandi, kantin dan pedagang, bangunan tenda untuk beristirahat dan sebagainya. Soal ‘isi’ KRB bisa dibilang sudah sangat lengkap, tak hanya pepohonan dari berbagai daerah di nusantara, disini juga terdapat danau yang dipenuhi oleh bunga teratai, kaktus berukuran jombo, toko perlengkapan botani, tanah lapang untuk melakukan gathering dan masih banyak lagi. Buat kamu yang ingin mengajak buah hati KRB  sangat cocok untuk dijadikan pilihan, ditempat ini kamu bisa mengajarkan kecintaan dan kepedulian anak terhadap alam sambil refreshing, ada komplek Makam Belanda yang didalamnya terdapat makam dari tokoh-tokoh pemerintahan sewaktu zaman penjajahan belanda serta tokoh yang berperan penting dalam pengembangan KRB, museum botani, museum fauna yang didalamnya terdapat banyak sisa hewan yang diawetkan serta kerangka paus yang tersusun dengan rapi.

Rute Transportasi dan Estimasi Biaya


Rute ke KRB sangat mudah, dari arah Jakarta dan Depok, bisa menggunakan KRL Commuterline tujuan Bogor dengan ongkos Rp. 12.000 jika dari Depok (10.000 nya bisa diuangkan kembali), dari Stasiun Bogor dilanjut dengan berjalan kaki sekitar 15 menit, dari pintu keluar stasiun jalan kearah kiri, lurus terus sampai bertemu lampu merah kemudian menyebrang ke kanan, KRB ada disebelah kiri, atau bisa naik angkot dengan membayar Rp. 5.000. tiket masuk KRB Rp. 15.000 untuk orang dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak kecil. Harga makanan mulai dari Rp. 10.000 harga standar untuk lokasi wisata, buat kamu yang ingin berkunjung kesini dimusim hujan jangan lupa membawa payung, sebab KRB didekorasi dengan gaya alam terbuka jadi kita akan sedikit kesulitan untuk mencari tempat berteduh ketika turun hujan.

Baca Juga :