Pantai Baron Jogja, Si Asing Yang Mempesona

Sebagai negara kepulauan Indonesia memang rajanya dalam hal wisata pantai, nah kali ini kita akan membahas salah satu pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu pantai Baron. Bagi kebanyakan orang, nama Pantai Baron memang masih terdengar asing, padahal pantai ini cukup indah lho untuk dikunjungi, berikut ulasan Bolang Kecil.



Pantai Baron sejatinya adalah sebuah teluk, diapit oleh dua bukit pasir besar yang ditumbuhi tamanan hijau, dari bukit ini kita bisa mendirikan camping groud dan memandang keindahan pantai baron secara utuh dari atas ketinggian. Pada sebelah kanan Pantai Baron terdapat sungai yang langsung menuju ke laut disungai ini terdapat banyak ikan yang dapat dipancing jadi jangan lupa bawa alat pancing ya :D

Dipinggir pantai kita dapat menyaksikan banyak kapal-kapal nelayan yang sedang berlabuh dan juga tempat pelelangan ikan, jadi selain kita bisa berenang imut ditepian pantai, berkemah asik di ketinggian bukit sambil menikmati keindahan pantai dari ketinggian, kita juga bisa menikmati sensasi bakar ikan segar yang baru saja mendarat dari lautan, kalau tidak mau repot kita bisa membeli hidangan khas dan spesial dari Pantai Baron, yaitu hidangan Sop Ikan Kakap ... heeem jadi pengen. Tapi perlu kita ingat, sepertinya kebanyakan pantai di Laut Selatan, Pantai Baron ini memiliki ombak yang cukup besar jadi sebaiknya sewaktu berenang jangan terlalu ketengah ya, selain itu ingat juga mitos tentang laut selatan, yaitu jangan memakai pakaian hijau, bukan saya mengajarkan agar percaya mitos tapi sekedar mengingatkan untuk menghormati tradisi atau keyakinan masyarakat setempat apalagi dalam hal ini kita sebagai tamu/wisatawan. Hampir saja lupa, masih ada satu keistimewaan lagi soal Pantai Baron tapi apa ya ? airnya kah ? air Pantai Baron sudah pasti jernih dan tidak banyak sampah seperti pantai yang nge-hits lainnya. Anginnya kah ? Laut Pantai Selatan memang terkenal dengan angin dan ombaknya yang kecang, terus apa ? nah ia, pasirnya ... Pantai Baron memiliki pasir putih dan masih bersih dari sampah-sampah anak zaman yang mengaku pecinta alam tapi buang sampah sembarangan
So buat apa nunggu-nunggu lagi ? segera kita jadwalkan untuk berkunjung ke Pantai Baron, Si Asing Yang Memukai Ini sebelum pantai ini dijamah oleh kaki-kaki kotor yang mengotori setiap tempat yang dikunjungi dengan sampah !

Lokasi Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit dengan menggunakan pribadi, jika menggunakan kendaraan umum, waktu tempuh bisa lebih lama. Selain menggunakan kendaraan umum kamu juga bisa menyewa kendaraan baik motor ataupun mobil dengan jaminan KTP asli. Tiket Masuk Pantai Baron bisa dibilang sangat murah, hanya Rp. 5.000,-/orang dan tiket parkir Rp. 2.000,- untuk motor, Rp. 5.000,- untuk mobil, area parkir Pantai Baron cukup luas jadi jangan takut kehabisan areal parkir ya.

Rute Kendaraan Pribadi Menuju Pantai Baron, Yogyakarta
Untuk mencapai pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui rute Wonosari – Kota Wonosari - Jalan Baron jangan lupa untuk mengamati setiap plang/petunjuk arah ya, rute ini paling sering digunakan oleh banyak wisatawan dengan pertimbangan kondisi jalan yang baik dan lebih mudah diingat. kalau mau menggunakan kendaraan umum, bisa dengan menggunakan pilihan rute dibawah ini.

Rute Angkutan Umum Menuju Pantai Baron, Yogyakarta

Dari Terminal Giwangan Jogjakarta naik bus jurusan Yogyakarta – Terminal Wonosari dengan waktu tempuh 1–2 jam perjalanan dengan ongkos sekitar Rp10.000,- per-orang. Selanjutnya naik angkutan jurusan kota – Pantai Baron dengan ongkos sekitar Rp10.000,- per-orangnya.

Baca Juga :

Tanjung Lesung, Pantai Perawan Dari Barat Pandeglang
Pantai Green Bowl, Bali
Surga Bawah Laut Ala Pulau Sangalaki