Semburat Surga Dari Bukit Sikunir

keindahan bukit sikunir

Bolang Kecil - Keindahan pesona bukit Sikunir sepertinya sudah bukan rahasia lagi bagi kalangan penikmat keindahan alam. Sepertinya wajar saja bila Bukit Sikunir ini dijadikan ‘buruan’ utama bagi para pecinta alam, sebab keindahan dan kehangatan Golden Sunrise/Sunset yang dipancarkan seakan-akan menghipnotis kita untuk tetap disini dan enggan untuk pulang.

Letak goegrafis dari Bukit Sikunir merupakan penyempurna dari keindahan yang disajikan, dikelilingi hamparan luas sawah, telaga,  delapan gunung, kabut tebal dibawah kaki dan bermandikan cahaya keemasan dari pancaran mentari pagi membuat kita seakan-akan berada di khayangan.

sunset dibukit sikunir
Sunset Di Bukit Sikunir
Tingginya keinginan  para wisatawan untuk menyaksikan keindahan Bukit Sikunir secara utuh membuat mereka rela bermalam hanya dengan membuat tenda dan bergumul dengan dinginnya udara pagi yang diwaktu-waktu tertentu dapat mencapai suhu hingga -5 derajat celcius. Seluruh perjuangan untuk mencapai Bukit Sikunir akan terbayar lunas ketika matahari mulai memancarkan ‘semburat surganya’.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Disini segala fasilitas sudah tersedia dengan lengkap,  halaman parkir berada diujung desa Sembungan. Desa tertinggi yang dihuni manusia di  Indonesia dengan ketinggian 2000 mdpl dan nomor dua di Dunia setelah Tibet. Hamparan parkir yang luas sekitar 1 ha tepat berada di tepi Telaga Cebong, sensasi yang luar biasa apabila melihat Telaga Cebong dari Puncak Bukit Sikunir ini.

suasana bukit sikunir
Area Camp Pengunjung
Disini juga tersedia Losmen dengan biaya sewa yang cukup murah, mulai dari IDR 75.000-IDR 500.000/malam atau jika ingin merasakan sensasi berbeda dengan tinggal bersama penduduk asli, kita dapat menyewa kamar  milik warga setempat dengan harga yang negosiatif. Penduduk disini masih mempertahankan keasrian dari wilayah ini, maka dari itu jangan heran ketika menemukan jalanan berbatu saat menuju Bukit Sikunir.

Tak perlu persiapan khusus untuk menaiki Bukit Sikunir sebab track sudah disusun dan dipersiapkan sebaik mungkin agar para wisatawan dapat menaiki dengan mudah, jadi jangan ragu untuk mengajak keluarga berkunjung ke Bukit Sikunir ya …

Tiket masuk ke Bukit Sikunir sangat terjangkau, hanya IDR 5.000 bagi turis lokal dan sekitar  USD 15 bagi turis mancanegara.


Sekian artikel saya tentang Semburat Surga dari Bukit Sikunir.